Cara Membuat Signature Tanda Tangan Email yang Menarik

Cara Membuat Signature Tanda Tangan Email yang Menarik

0
Komentar
Last updated Juni 06, 2021

Read more »

:


Signature atau tanda tangan email adalah teks yang terletak pada bagian akhir dari sebuah email. Biasanya berisi informasi nama pengirim, email, alamat website, alamat kantor, dan sebagainya. Signature atau tanda tangan email ini dibuat supaya kita tidak perlu menulis ulang informasi kontak setiap kali kita hendak mengirim email, jadi bisa tampil secara otomatis.


Siapa yang biasanya butuh tanda tangan email?

Signature atau tanda tangan email biasanya digunakan oleh seseorang yang bekerja di sebuah kantor atau lembaga tertentu. Umumnya dipakai untuk komunikasi formal business to business antar perusahaan atau antar lembaga. Selain terkesan formal, tanda tangan email ini juga bisa digunakan sebagai branding dan bisa meningkatkan citra sebuah perusahaan atau citra personal. Jadi keren, ya ga? Hehe

Contoh Tanda Tangan Email di Gmail

Hampir semua platform penyedia layanan email mempunyai fitur Signature atau tanda tangan email, seperti halnya Gmail. Fitur tanda tangan di Gmail tersedia baik di Gmail yang gratis maupun yang berbayar GSuites. Karena pada dasarnya fitur tanda tangan ini adalah fitur dasar, jadi pasti ada. Berikut contoh signature atau tanda tangan email yang telah saya buat di Gmail atau GSuites:

Signature 1: Signature Teks



Signature 2: Signature Teks dan Grafis

Signature 3: Signature Teks, Grafis, dan Image



Cara Membuat Signature Tanda Tangan di Gmail

Untuk membuat tanda tangan email di Gmail cukup mudah.
1. Login ke akun Gmail Anda
2. Pergi ke Settings > See all Settings



3. Pada tab General > Scroll ke bawah di bagian Signature > Create New


4. Beri judul pada Name New Signature, misal Signature 1 > lalu klik Create


5. Tulis tanda tangan kamu yang berisi informasi kontak di kotak yang disediakan.
6. Pada bagian Signature default > Kolom For New Emails Use > Pilih Signature 1
7. Scroll ke bawah > klik Save Changes


8. Selesai.
9. Silahkan coba untuk mengirim email baru, maka signature akan otomatis tampil seperti di bawah ini.


Catatan: 
Kamu bisa membuat tanda tangan lebih dari satu. Seperti gambar di atas, ada pilihan Signature 1 dan Signature 2, karena saya sudah membuat dua buah signature, sehingga bisa pilih mana yang mau dipakai.


Website Signature Generator Untuk Desain Tanda Tangan Email

Kalau diperhatikan di Signature 2, di situ terdapat logo, informasi kontak lengkap, ikon sosial media aktif dan ada garis sedemikian rupa. Untuk membuat desain Signature tanda tangan email serupa, bisa menggunakan website Signature Generator. 

Hubspot Email Generator




Mail Signature Generator




Di website tersebut terdapat beberapa template yang bisa kamu gunakan secara gratis. Cara penggunaannya juga cukup mudah, cukup isi data pada form yang disediakan dan preview nya langsung bisa dilihat. Jika sudah selesai tinggal kamu copy dan paste saja di Gmail.

Video Tutorial Membuat Tanda Tangan Gmail



Demikian Cara Untuk Membuat Signature Tanda Tangan Email yang Menarik. Jika ada pertanyaan bisa tulis di komentar ya. Silahkan dishare jika dirasa bermanfaat.

Yuk, terhubung! 
Tunjukkan semua Tampilkan lebih sedikit

Posting Komentar